Inspirasiku

Photobucket

Kamis, 22 Desember 2011

Hari Ibu dan sejarahnya.....

Banyak banget status "selamat hari Ibu " sepanjang pagi hingga siang ini. Ditambahi dengan embel-embel, karena ibu yang telah melahirkan, membesarkan dan segala macem urusan domestik lainnya. 

Coba kita lihat sejarah, mengapa Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menobatkan hari ini sebagai Hari Ibu.

Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia. Peristiwa itu merupakan salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan.

Para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis dan aneka upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa. Berbagai isu yang saat itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara, perlibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan, dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, masalah perdagangan anak-anak dan kaum perempuan, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain-lain.

Jadi, kalau hari ini diperingati hanya untuk melihat peran wanita dalam urusan domestik... maaf sekali, SAYA SANGAT TIDAK MENDUKUNG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar